Pantangan Makanan Ibu Hamil Muda Atau Tua

Bagi para ibu yang sedang Hamil Muda atau Tua jangankah anda makan sembarangan karna dapat berpengaruh pada janin.Pantangan Makanan Ibu Hamil sangatlah banyak kami telah memberikan informasi bagi Ibu Hamil Muda Ataupun Ibu Hamil tua.


Beberapa pantangan makanan yang harus dihindari dan tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil adalah :

Daging mentah
Daging yang tidak dimasak ataupun dimasak hanya setengah matang harus dihindari. Berbagai macam resiko kontaminasi yang mengancam diantaranya bakteri coliform, toxoplasmosis (baca juga tentang TORCH), dan salmonella.

Hot dog
Makanan-makanan seperti hot dog dan sejenisnya berbahaya berbahaya bagi ibu hamil dan janin. Jangan makan makanan tersebut tanpa dipanaskan lagi atau dimasak lagi.
Hot dog dan sejenisnya diketahui terkontaminasi listeria yang dapat menembus plasenta. Hal ini bisa menginfeksi janin dan menyebabkan berbagai komplikasi kehamilan, diantaranya keguguran, kelahiran premature, keracunan dalam darah, dan berbagai masalah kesehatan bagi bayi yang baru lahir.

Keju lunak
Ibu hamil juga pantang memakan keju lunak seperti brie, camembert, blueveined cheese, keju dari susu kambing dan domba, karena banyak mengandung bakteri listeria.
Keju semi lunak atau keju keras seperti mozarela, keju yang dipasteurisasai dalam bentuk potongan, lembaran, krim keju, masih lebih aman untuk dikonsumsi.

Susu yang tidak dipasteurisasi
Pantang memakan susu dan berbagai produk olahan susu yang tidak dipasteurisasi. Minumanan tersebut perlu dihindari karena mengandung Listeria.

Makanan yang terkontaminasi logam berat.
Makanan laut seperti ikan atau kerang yang terkontaminasi logam berat seperti merkuri harus dihindari selama kehamilan. Merkuri berbahaya bagi kehamilan karena dihubungkan dengan kerusakan saraf otak dan keterlambatan perkembangan bayi yang dilahirkan nantinya.
Ikan-ikan yang terkontaminasi (tercemar) limbah industry juga perlu dihindari selama kehamilan. Sungai atau danau yang berada di sekitar daerah industry cenderung terkontaminasi oleh limbah kimia sisa produksi pabrik. Akibatnya, ikan-ikan yang ada di dalamnya juga sudah tercemar. Hal ini juga sangat berbahaya dan beresiko bagi kesehatan ibu hamil dan janin.
Kerang-kerang di laut juga dicurigai mengandung berbagai macam kontaminan. Demi keselamatan Anda dan bayi Anda, sebaiknya makanan ini dihindari selama kehamilan.
Ikan-ikan yang tidak boleh dikonsumsi selama hamil adalah : ikan tuna steak, ikan sea bass, ikan hiu, dan ikan-ikan lainnya yang berukuran besar yang banyak mengandung merkuri.

Telur mentah
Telur mentah dan berbagai makanan yang mengandung telur mentah juga harus dihindari selama kehamilan karena mengandung salmonella.

Alkohol
Alkohol sangat dipantangkan bagi ibu hamil. Alkohol bisa mengganggu kesehatan dan perkembangan janin, diantaranya bisa menyebabkan gangguan masalah emosional pada bayi (lebih jauh tentang Alkohol dan kehamilan baca tentang Zat-zat Berbahaya Bagi Kehamilan).

Sayur-sayuran dan buah-buahan yang tidak dicuci
Sayur-sayuran dan buah-buahan sebenarnya sangat baik untuk ibu hamil. Namun, bila tidak dicuci dengan baik tentu harus dihindari dan dipantang selama kehamilan. Sayuran yang tidak dicuci bersih masih mengandung pestisida dan toksoplasma (lebih lanjut mengenai toxoplasma baca tentang TORCH).
Hendaknya pada saat hamil ibu tidak mengonsumsi sayur lalap-lalapan dan salad, karena dikhawatirkan terdapat TORCH yang berbahaya bagi kesehatan ibu hamil dan bayi. Masak sayur sampai matang namun tidak terlalu lama, misalnya dengan cara dikukus, ditumis, agar zat-zat gizi didalamnya masih dapat dipertahankan.
Sayuran dan buah yang tidak boleh dikonsumsi selama hamil diantaranya sayur Pare dan buah pepaya muda, karena beresiko menyebabkan keguguran.

Merokok
Pantangan tentang rokok ini tentu sudah tidak bisa ditawar lagi. Pada kondisi tidak hamil pun rokok bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Apalagi pada saat kondisi hamil, baik hamil tua maupun hamil muda. (lebih jauh mengenai rokok dan kehamilan baca tentang Zat-zat Berbahaya Bagi Kehamilan).

Makanan kalengan yang mengandung pengawet
Makanan-makanan yang mengandung pengawet,penyedap, dan pewarna tentu sangat dilarang untuk dikonsumsi ibu hamil. Hindari makanan seperti mie instan, dan makanan lainnya yang mengandung pengawet dan zat kimia berbahaya lainnya.

Makanan yang mengandung gula pengganti/buatan
Jika Anda menyukai makanan-makanan ringan (cemilan) pilih yang baik dan cukup terjamin kualitasnya. Makanan ringan yang mengandung banyak gula apalagi gula buatan harus dihindari atau dikurangi. Misalnya permen, biscuit berlapis krim, soft drink.
Makanan tinggi kandungan gula selain bisa meningkatkan resiko kegemukan, juga bisa menyebabkan kerusakan gigi, diabetes, jantung dan kanker usus besar.

Makanan ringan yang tinggi lemak
Camilan yang tinggi lemak seperti kentang goreng, keripik, cokelat, atau es krim sebaiknya juga harus dibatasi. Hindari pula makanan cepat saji /fastfood karena selain tinggi lemak, makanan fastfood juga tinggi kalori dan garam. Makanan yang tinggi garam bisa menyebabkan Anda kekurangan sodium.
Jika memang ingin ngemil, lebih baik Anda menggantinya dengan makanan ringan yang sehat dan rendah lemak, seperti buah apel, jagung bakar atau rebus, yogurt, es krim rendah lemak, kroket atau risoles isi sayuran dan daging.

Makanan yang mengandung kafein
Sebaiknya selama kehamilan asupan minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh harus dikurangi (tidak lebih dari 2 cangkir sehari). Hal tersebut karena kafein bisa menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah, ibu hamil mengalami keguguran.
Kefein menekan kelenjar adrenalin dan memicu banyak hormon stress ke dalam aliran darah. Hal ini akan menimbulkan efek negative bagi ibu hamil dan janin yang dikandung.
Selain itu, asam tannin dalam teh dapat mengganggu/mengurangi penyerapan zat besi, yang sangat dibutuhkan selama kehamilan. Kafein dan tannin dalam jumlah yang banyak juga tidak baik untuk bayi.

Makanan/diet rendah karbohidrat
Ada beberapa ibu hamil yang mengurangi asupan karbohidrat dengan alasan untuk menjaga berat badan selama hamil. Padahal hal ini tentu tidak boleh dilakukan, karena janin dalam kandungan membutuhkan gizi yang cukup. Anda juga tidak dianjurkan untuk berpuasa lama.

Makanan olahan yang dipanaskan kembali
Dalam makanan olahan yang dipanaskan kembali zat gizinya telah berkurang atau hilang akibat pengawetan, pemanasan dan pendinginan.
Pantang makan dan mengonsumsi obat-obat herbal dan vitamin dosis tinggi, atau obat-obatan lainnya tanpa pengawasan dokter.

Pantang makan makanan yang terlalu tinggi kandungan vitamin A nya.
Batasi konsumsi makanan yang telalu tinggi kandungan vitamin A nya seperti hati, karena dikhawatirkan bisa membawa dampak buruk pada janin yang dikandung yaitu timbulnya cacat lahir pada janin.

nah,,ibu-ibu sudah bacakan Pantangan Makanan Buat Ibu Hamil dan jangan lupa melihat Cara Menjaga Kehamilan Pada Saat Aktifitas.

2 komentar:

Nevi Islamiyanti mengatakan...

keren... makasih atas infonya..

BANDUNG Paris van Java With Love: MAJMU'SYARIF / NEW PRICE 2012

Fanny Rofalina mengatakan...

Iya benar sekali, mengkonsumsi seafood pada bumil harus diperhatikan dengan baik.
Hindari ikan predator besar, karena banyak kandungan merkurinya.
Ikan kecil atau ikan pemakan tumbuhan, aman disantap ibu hamil.

Poskan Komentar

Artikel Favorit