Cara Membuat Bakso

Kita sudah sering sekali melihat banyak sekali tukang bakso yang ada di jalan dan di kampung tetapi kita juga ragu apakah bakso itu halal kita makan,sekarang anda tidak usah binggung dengan bakso karena kita sendiri juga bisa Membuat Bakso sendiri.

Dengan harga yang cukup terjangkau dengan uang yang menipis bakso menjadi sangat terkenal dan banyak peminatnya untuk Membuat Bakso sendiri dirumah dan bahan-bahannya juga mudah dicari dipasaran juga sangat murah.

Pembuatan bakso terdiri dari tahap:
1. Pemotongan daging.
2. Penggilingan daging (bisa dengan menggunakan mesin penggiling daging/meat mincer).
3. Penghalusan daging giling sekaligus pencampuran dengan bahan pembantu dan bumbu, pencampuran dengan tepung tapioka (bisa dengan menggunakan mesin blender industri).
4. Pembentukan bola-bola bakso (bisa secara manual maupun secara otomatis memakai Mesin Pencetak Bakso).
5. Perebusan.
Perebusan bakso dilakukan dalam dua tahap agar permukaan bakso yang dihasilkan tidak keriput dan tidak pecah akibat perubahan suhu yang terlalu cepat.
Tahap pertama, bakso dipanaskan dalam panci berisi air hangat sekitar 60C sampai 80C, sampai bakso mengeras dan terapung. Tahap kedua, bakso direbus sampai matang dalam air mendidih.
Proses Pembuatan :
Siapkan bahan-bahan sebagai berikut :
Daging sapi 1kg
Tepung tapioka 300 gram
Es Batu 200 gr
Phosmix MP 2 gr
Lada halus 2 gr
MSG 5 gr
Garlic Powder sesuai selera
Garam 18 gr
Daging dipotong 10 x 5 x 5 cm.
Daging digiling dengan menggunakan mesin penggiling daging /Meat Mincer.
Daging gilingan dimasukkan ke dalam Blender Industri bersama dengan sebagaian dari es, Phosmix MP, garam, lada halus, MSG, dan Garlic Powder.
Campuran tersebut dihaluskan selama 5 menit.
Tepung tapioka dan sisa es ditambahkan ke dalam Blender Industri, dan semua campuran dihaluskan sampai halus.
Setelah halus, adonan bakso ini dibulat-bulatkan dengan menggunakan tangan dan diambil dengan sendok. Ukuran daging disesuaikan dengan selera, bisa besar, kecil, atau sedang. Bisa juga menggunakan Mesin Pencetak Bakso.
Bola-bola daging yang terbentuk langsung dimasukkan ke dalam air hangat (air hangat ini belum mendidih atau sekitar suhu 60-80 derajat Celsius).
Bila sudah terapung dalam air, bola-bola bakso ini diangkat. Bila akan dikonsumsi langsung, bakso tersebut didinginkan sebentar, lalu direbus lagi sampai matang (sekitar 10 menit).
Bila akan disimpan, dapat disimpan direfrigerator untuk jangka waktu sebentar.
Apabila ingin disimpan dalam jangka waktu yang lebih lama, bisa dikemas dengan menggunakan mesin pengemas vakum/Vacuum Packaging Machine. Lalu disimpan dalam freezer. Direbus kembali bila akan dikonsumsi.

Cara Membuat Bakso sudah membuat banyak orang penjual bakso dan juga dijaman sekarang pun banyak sekali penjual bakso yang sekarang menambah baksonya dengan daging agar terliat gurih dan lezat untuk membuat pembaca sangat minat anda juga Harga Samsung Galaxy Note

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Favorit